Selasa, 22 November 2011

Suara Anak Negeri

 Suara Anak Negeri atau yang biasa disebut SAN adalah sebuah komunitas atau kelompok yang anggotanya adalah remaja dari berbagai sekolah yang mempunyai keahlian di bidang seni masing-masing diantaranya menari,menyanyi,menggambar,membaca puisi,dll. SAN dibentuk oleh 4Perempan dantaranya Vinny Damayanti Soemantri, Ken Atik Djatmiko, Rinrin Chandra Resmi, Anunsiasta Srisabda, dan Anne Nurfarina. 4Peremupuan disitu bukan dimaksud ada 4 orang tetapi 4Perempuan hanya sebuah nama saja. Pada tanggal 10 November 2010. Mereka semua berkumpul di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) untuk mengadakan workshop untuk membuat lagu yang diselengarakan setiap hari kamis. Konsep membuat lagu diberi oleh pelatih-pelatih SAN diantaranya 4Perempuan, Muktimukti, Egi Fedly, Ary Juliant, Rizal Abdulhadi, dll, tapi syair dan nada-nadanya mereka(SAN) yang terlibat, 99% mereka yang terlibat. Tapi untuk ide lagu yang utamanya tetap Muktimukti. Mereka berkarya sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Ada sebuah lagu yang kalau diperhatikan isi syair tersebut sangat dalam tapi memang itulah apa yang ada dipikiran mereka. Orang yang tidak tau proses membuat lagu tersebut banyak yang tidak percaya itu lagu buatan mereka sendiri tapi memang itulah yang ada di imajinasi mereka.

   Mereka mengumpulkan 1 orang 1 bait, dari konsep yang diberikan itu misalnya hari ini konsepnya sahabat nah otomatis mereka harus mencari yang berhubungan dengan sahabat,apa itu sahabat,sahabat itu seperti apa, dlsb.
Bait itu disambung,dipilih kata-kata yang menurut mereka cocok dan jadilah sebuah lagu.

  Sebenarnya Suara Anak Negeri bukan hanya dibentuk pada saat workshop, mereka sudah tampil beberapa kali seperti pada saat konser besar Leo Kristi pada bulan November 2010 di Aula Timur ITB, pada saat 4Perempuan mengadakan hari ibu di GIM, saat kumpulan musik counrty dan balada di Bumi Sangkuriang, saat penyelenggaraan Hari Autis Sedunia di lapangan Tegallega, dan masih banyak lagi.

  Sampai sekarang anggota SAN terdiri dari 13 orang diantaranya Fifi, Dinda, Anisa, Vanya, Giyan, Gendis, Ica, Gizka, Bunga, Almas, Rifki, Ilham, dan Fadil. Mereka semua berasal dari berbagai macam sekolah yang berbeda. Suara Anak Negeri sudah membuat lagu sebanyak 9 lagu diantarnya :
1. Samudera Cinta Samudera Indonesia
2. Kampung Halaman
3. Ibu
4. Sahabat
5. Suara Anak Negeri
6. Cinta
7. Guru
8. Anganku
9. KauYang Ku Suka
Mereka sudah rekaman untuk yang 5 lagu diantaranya Samudera Cinta Samudera Indonesia, Kampung Halaman, Ibu, Sahabat, dan Cinta. Insyalah mereka akan merilis album tersebut pada bulan Desember mendatang.

   Kebanggaan lain yang diperoleh oleh SAN adalah mereka dipercaya untuk tampil di Braga Festival kemarin tepat di panggung utama,dan mereka juga pernah tampil bersama Gubernur Jabar di Kiara Payung Jatinangor dalam event penanaman pohon. Oleh Aat Suratin Suara Anak Negeri akan dijadikan sebagai Duta Pulau Terdepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar